0
Menjelang Ulangan Tengah Semester biasanya bapak/ibu guru disibukkan membuat soal-soal untuk ulangan Tengah Semester bagi siswa. Untuk daerah yang memberlakukan Muatan Lokal Bahasa Jawa terkadang terselip di dalamnya soal yang bertuliskan aksara jawa.

Sebenarnya bisa juga di tambahkan secara manual dengan tulisan tangan setelah naskah soal di cetak printout. Namun jika bapak/ibu guru ingin hasilnya lebih rapi, bisa menggunakan jenis huruf atau fonts yang dapat di tambahkan di sistem windows di laptop bapak/ibu guru.

Fonts ini cukup mudah penggunaanya seperti mengetik biasa. Setelah di install, silakan dicoba digunakan maka nanti akan di temukan sendiri letak-letak huruf aksara Jawa-nya.

Fonts ini cukup lengkap dan bisa digunakan untuk menuliskan angka, kalimat dalam bahasa Jawa lengkap dengan sandangan dan pasangan-nya dengan mengkombinasikan tombol SHIFT pada keyboard laptop.

Bagi teman-teman guru yang ingin mencoba, silakan ikuti langkah di bawah ini :
2. Ektrak dulu file unduhan karena masih dalam format rar.
3. Buka folder hasil ekstraknya, temukan file fonts-nya dan COPY
4. Buka Localdisk C:/WINDOWS/FONTS
5. Buka Folder FONTS dan PASTEKAN fonts yang telah kita copy tadi di sini.
6. Tutup semua folder dan fonts siap digunakan.

Fonts ini bisa digunakan pada Microsoft Office versi apapun dan saya coba juga pada Adobe Pagemaker dengan hasil yang sama seperti di Office.

File unduhan dalam format rar, jadi setelah di download harus di ekstrak dulu. Bagi yang kesulitan download via ad fly bisa di baca tutorialnya.

Dan yang belum pasang Aplikasi untuk membuka file dengan format RAR, baca dulu artikel WINRAR, UTILITY WAJIB DI LAPTOP KITA

Akhirnya, semoga postingan ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman semua.

Posting Komentar

 
Top