0
Berdasarkan Kurikulum Bahasa Jawa (KBJ) tahun 2007 daerah Jawa Timur, keterampilan menulis aksara Jawa diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga SMP. Siswa SD/MI hingga SMP/MTs diharapkan memiliki keterampilan menulis aksara Jawa dalam berbagai bentuk dan untuk berbagai keperluan. Pembelajaran menulis aksara Jawa bertujuan untuk melestarikan aksara Jawa agar tidak punah walaupun sudah tidak digunakan lagi dalam komunikasi tulis sehari-hari. 

Kesulitan mengajarkan keterampilan menulis dengan aksara jawa tidak bisa dipungkiri lagi. Apalagi di Sekolah Dasar dimana tidak ada guru khusus yang mempunyai latar belakang pendidikan Bahasa Jawa seperti di SMP.

Keadaan ini sempat menjadi perbincangan kecil di antara teman-teman guru dalam suatu kesempatan KKG. Salah seorang teman membagikan aplikasi kecil dalam format flash untuk saya coba.

Cukup menarik ternyata, pengenalan aksara jawa di sajikan secara interaktif dan mudah di mengerti. Karena itu, saya juga ingin membagikan kepada teman-teman barangkali bisa dimanfaatkan di rumah.

Silakan bagi yang ingin mencoba bisa di DOWNLOAD DARI SINI

Filenya dalam format rar, jadi setelah di download harus di ekstrak dulu. Bagi yang kesulitan download via ad fly bisa di baca tutorialnya.

Dan yang belum pasang Aplikasi untuk membuka file dengan format RAR, baca dulu artikel WINRAR, UTILITY WAJIB DI LAPTOP KITA

Semoga bermanfaat !!!

Posting Komentar

 
Top