1

Selamat malam, rekan guru kelas 6.
Sesuai dengan surat nomor: 5337/H/TU/2016, tanggal 27 April 2016 tentang Petunjuk Teknis Pengisian Ijazah Tahun Pelajaran 2015/2016, dimana pengolahan nilainya berbeda dengan tahun lalu.

Pada tahun pelajaran 2015/2016 untuk tingkat Sekolah Dasar terdapat tiga jenis Ijazah yaitu; Ijazah untuk sekolah yang menggunakan Kurikulum 2006, Ijazah untuk sekolah yang menggunakan 2013, dan Ijazah untuk satuan pendidikan kerjasama (SPK).

Untuk pengolahan nilainya, ada perbedaan dengan tahun lalu yang menggunakan prosentase nilai rata-rata raport dan nilai ujian sekolah, maka tahun ini tidak ada prosentase. Nilai rata-rata raport dan nilai ujian sekolah di tulis utuh pada form nilai bagian belakang ijazah.


Ada perbedaan pengolahan nilai untuk satuan pendidikan dengan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini.


Dengan perubahan juknis tersebut, untuk membantu guru kelas 6 mengolah nilai, malam ini saya ingin berbagi aplikasi pengolahan nilai yang saya pakai yang merupakan revisi dari aplikasi lama yang mengacu pada peraturan tahun lalu.

Pada aplikasi revisi ini beberapa perubahan antara lain :
1. Pada sheet identitas siswa penambahan kolom NIS (Nomor Induk Siswa)
2. Penambahan sheet entry nilai raport semester 12
3. Penambahan kolom rata-rata nilai raport untuk kurikulum 2013
4. Penambahan bentuk ijazah bagian depan
5. Penambahan bentuk ijazah bagian belakang.

Bagi teman-teman yang sudah terlanjur entry data dengan aplikasi lama saya, agar tidak mengetik ulang, ikuti langkah di bawah ini.
  1. Kosongkan contoh isian pada aplikasi baru (file target)
  2. Copy data siswa per kolom atau bisa juga bersama-sama dari file source (aplikasi lama)
  3. Buka file target, dan paste-kan dengan klik di cell paling kiri atas (bagian isian) dengan cara klik kanan, dan pilih PASTE VALUE (ada kode 123 pada kode pilihan paste-nya)
  4. Jika pada kolom tanggal lahir berubah menjadi angka, blok dari atas hingga bawah pada kolom tanggal lahir, dan setting format cell dengan pilihan DATE.
  5. Selamat Lembur
Aplikasi ini bisa di edit dan disesuaikan jika diperlukan. Tidak ada kode pasword untuk membukanya Cukup klik tab REVIEW dan klik UNPROTECT.

Akhirnya semoga aplikasi sangat sederhana ini bisa memberikan manfaatnya.


Posting Komentar

 
Top