0
Proses pembelajaran disekolah merupakan salah satu bagian yang terpenting dari pendidikan pada semua jenjang yang perlu ditingkatkan mutunya secara terus menerus.Dalam proses pembelajaran peserta didik harus memperoleh pengalaman belajar untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Hal ini penting dilakukan semua pihak khususnya guru dalam upaya membentuk “insan Indonesia cerdas, kompetitif, dan berdaya saing tinggi” untuk menghadapi persaingan global. Sejalan dengan hal tersebut guru harus melakukan berbagai kegiatan pengembangan keprofesionalannya, diantaranya melalui inovasi pembelajaran. Untuk mencapai proses pembelajaran yang diinginkan seperti tersebut diatas maka 4 kompetensi guru mutlak dimiliki oleh setiap guru.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) berupaya meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru, dengan menyelenggarakan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2016.Kegiatan ini bertujuan untuk memilih guru yang memiliki kemampuan terbaik dalam melakukan inovasi pembelajaran, sehingga diharapkan akan berpengaruh pada peningkatan kinerja guru dan prestasi peserta didik.

Ruang lingkup kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016 berisi tentang pengalaman pembelajaran terbaik guru SD yang merupakan hasil inovasi/hal-hal baru/pembaharuan dalam model, pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil inovasi dituangkan dalam bentuk naskah yang didokumentasikan dalam bentuk hardcopy dan softcopy (CD/DVD/flashdisc).

Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2016 dikelompokkan menjadi 3 bidang, yaitu:
1. Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
2. Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa
3. Guru Mata Pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya dan Keterampilan/Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.

Tema dan Isi Karya Lomba
Tema Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016:
“Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”
Adapun isi karya lomba inovasi pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.

Ketentuan Lomba
1. Persyaratan Peserta Peserta Lomba Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar Tahun 2016:
a. memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
b. melampirkan surat tugas mengikuti lomba dari atasan langsung;
c. melampirkan biodata (contoh terlampir);
d. melampirkan surat keterangan sehat dari dokter;
e. melampirkan surat pernyataan belum pernah menjadi juara 1, 2, atau 3 Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD tahun 2013 sampai 2015; dan
f. melampirkan salinan ijazah terakhir minimal S1/D4.

2. Persyaratan Karya
Karya inovasi pembelajaran yang diikutkan dalam Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD tingkat Nasional Tahun 2016:
a. bersifat individual,
b. asli hasil inovasi guru,
c. sudah diimplementasi dan dievaluasi dalam proses pembelajaran,
d. belum pernah diikutsertakan atau sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional,
e. disahkan oleh atasan langsung dalam bentuk lembar pengesahan,
f. jika karya inovasi berupa media/alat peraga pembelajaran, diutamakan memanfaatkan bahan/alat yang mudah didapat, ramah lingkungan, dan berbiaya rendah,
g. mudah diaplikasi, didiseminasi, dan direplikasi,
h. merupakan karya maksimal dua tahun terakhir, dan
i. tidak memuat unsur pornografi, serta tidak bertentangan dengan unsur Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

Catatan: butir b, c, dan d dibuat dalam satu surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani oleh peserta dan atasan langsung (lampiran 3).

3. Persyaratan Naskah
a. Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yang ditentukan dalam Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016.
b. Karya inovasi pembelajaran yang dikirim berupa naskah atau dokumen tertulis dalam bentuk hardcopy dan softcopy dalam CD/DVD/flashdisk, serta melalui pos-el (e-mail) dengan alamat inobelsd2016@gmail.com

Waktu Pelaksanaan

Ayo... teman-teman guru untuk berperan serta dalam kegiatan ini. Download juknis lengkapnya dengan klik link download yang tersedia di bawah.

Posting Komentar

 
Top