2
Guru sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Selain tugas utamanya tersebut, guru juga dimungkinkan memiliki tugas-tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah. Oleh karena itu, dalam penilaian kinerja guru beberapa subunsur yang perlu dinilai meliputi pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru mata pelajaran atau guru kelas yang mensyaratkan guru menguasai 24 (dua puluh empat) kompetensi yang dikelompokkan ke dalam kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang terangkum dalam 14 (empatbelas) kompetensi sebagaimana dipublikasikan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Selain itu tugas utamanya sebagai guru, bagi guru yang mendapatkan tugas tambahan Kepala Sekolah juga akan dilaksanakan penilaian yang meliputi 6 kompetensi yaitu :
1. Kepribadian dan Sosial
2. Kepemimpinan
3. Pengembangan Sekolah/Madrasah
4. Pengelolaan Sumber Daya
5. Kewirausahaan
6. Supervisi Pembelajaran

Untuk memudahkan pelaksanaan pendokumentasian kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah ini, berikut kami mencoba membuat aplikasi sederhana berbasis excel yang mudah dalam pengaplikasiannya.

Ketika dibuka aplikasi ini akan menuju menu utama sebagai HOME untuk memudahkan penggunaannya. Kita cukup mengisikan identitas pada kolom yang tersedia dan semua akan terisi otomatis. Sebelum di gunakan, pada bagian instrumen PKG dan PKKS yang berwarna biru silakan di hapus dahulu. Isian yang sudah ada hanya sebagai contoh saja.

Akhirnya semoga aplikasi sederhana ini bisa memberikan manfaatnya. Bagi yang ingin mencoba silakan mendownload dari link yang tersedia di bawah.

Posting Komentar

  1. Postingan ini sangat permanfaat, namun sayangnya say kesulitan untuk memperolehnya/ download. Mahon bantuannya. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Blog dengan content yang mampu menaikkan rating tetapi isinya zonk!!!!

    BalasHapus

 
Top