1

Semester dua sudah memasuki bulan April. Kegiatan demi kegiatan rutin akhir semester dua di kelas akhir satu persatu telah selesai. Bapak Ibu Guru Kelas enam mungkin saat ini masih sibuk mengoreksi hasil ulangan siswanya untuk mengisi raport semester dua.

Beruntung sekali, saat ini untuk mengolah nilai raport kita dapat memanfaatkan aplikasi sederhana untuk mengolah nilai raport siswa. Salah satunya adalah Aplikasi Pengolahan Nilai Kurikulum KTSP yang dapat di download dari SINI.

Usai mengolah nilai raport, saatnya kita mempersiapkan diri untuk mengolah nilai ijazah. Untuk membantu pengolahan ijazah dapat menggunakan Aplikasi Pengolahan Nilai Ijazah yang akan saya share di sini.

Aplikasi ini dibuat sesuai dengan Juknis Pengisian Blangko Nilai Ijazah Tahun 2017 yang terbit tanggal 6 April 2017. Aplikasi ini cukup simpel dan mudah untuk di pahami.

Penulisan Ijazah Tahun 2017 tidak banyak bedanya dengan tahun sebelumnya. Perbedaannya pada penulisan nilai rata-rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah ditulis dengan menggunakan bilangan bulat dalam rentang 0 - 100 (tanpa desimal).
Sebagai dokumentasi dan sebagai patokan untuk menulis ijazah secara manual, kita dapat mencetak dokumen SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara) yang dapat dipergunakan untuk keperluan PPDB apabila SKHU dan Ijazah yang asli belum terbit. SKHUS dengan kop sekolah masing-masing. Untuk menyesuaikan dengan sekolah masing-masing, maka pada aplikasi ini bagian kop dapat di edit dengan leluasa.

Bagi yang sudah mengisi rekap nilai raport pada aplikasi sebelumnya jika menginginkan nilai US tiga mapel dalam satu digit di belakang koma silakan buka protectnya dari REVIEW dan sesuaikan agar dapat menampilkan satu digit di belakang koma melalui menu INCREASE DECIMAL.

Agar dapat menampilkan nilai dalam huruf dengan satu angka di belakang koma silakan copas formula di bawah ini dan pastekan di cell G29 lalu seret ke bawah hingga mapel IPA.

=IF(LEN(F29)=2;(VLOOKUP(LEFT(F29;1)*1;angka;2)&"  "&VLOOKUP(MID(F29;2;1)*1;angka;2)&" koma nol");VLOOKUP(LEFT(F29;1)*1;angka;2)&"  "&VLOOKUP(MID(F29;2;1)*1;angka;2)&" koma "&VLOOKUP(MID(F29;4;1)*1;angka;2))

Untuk formula Jumlah Nilai silakan copas formula di bawah ini dan pastekan di cell G32.

=IF(LEN(F32)=3;(VLOOKUP(LEFT(F32;1)*1;angka;2)&"  "&VLOOKUP(MID(F32;2;1)*1;angka;2)&"  "&VLOOKUP(MID(F32;3;1)*1;angka;2)&" koma nol");(VLOOKUP(LEFT(F32;1)*1;angka;2)&"  "&VLOOKUP(MID(F32;2;1)*1;angka;2)&"  "&VLOOKUP(MID(F32;3;1)*1;angka;2)&" koma "&VLOOKUP(MID(F32;5;1)*1;angka;2)))

Atau download rumus / formulanya DARI SINI dalam format text document.

Akhirnya, semoga aplikasi ini dapat memberikan manfaaatnya.

Posting Komentar

 
Top